-->

Resep Croffle Yang Sedang Viral. Murah dan Gampang Banget Membuatnya

Resep Croffle, Camilan Viral Dari Korea Selatan!

Masih ingatkah kalian dengan kopi dalgona? Minuman tersebut jadi tren saat awal pandemi tahun lalu. Orang-orang pun banyak yang kemudian membuatnya sendiri di rumah.

Nah, di tahun ini, ada makanan baru yang lagi hits dan viral di media sosial. Namanya Croffle. Popular di Korea Selatan—dan kemudian berkembang ke Indonesia juga—croffle merupakan kombinasi dari croissant dan waffle. Iya, jadi adonannya dari resep croissant tapi dimasaknya menggunakan cetakan waffle. Unik banget, ya!

Croffle adalah pastry ala Korea Selatan yang sedang viral. Croffle merupakan singkatan dari croissant waffle, yang artinya adonan berbentuk croissant namun dipanggang seperti waffle.

Croffle bisa disajikan dengan aneka topping sesuai selera atau diisi dengan berbagai menu layaknya sandwich yang mengenyangkan.

Kini ada banyak kedai kopi yang turut menyertakan croffle dalam menu mereka. Tapi, kamu juga bisa lho membuat croffle sendiri di rumah dengan harga yang terjangkau.

Kalau kamu ingin coba membuat croffle di rumah, ada resep mudah yang bisa kamu coba, nih. Berikut resep dan cara membuat croffle anti gagal :

Bahan-bahan:
    2 butir telur
    4 gram ragi
    6 gram susu krim bubuk
    20 gram gula pasir
    100 ml air hangat
    200 gram tepung terigu
    Garam secukupnya
    Mentega atau butter beku 20 gram
Cara membuat :
  • 1. Siapkan wadah, masukkan ragi ke dalamnya, kemudian tambahkan air hangat. Aduk hingga merata lalu tutup wadah tersebut. Biarkan dan tunggu sampai ragi mengembang. Kalau sudah mengembang, masukkan telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut.
  • 2. Di wadah berbeda, masukkan tepung, susu krim bubuk, gula, mentega, dan sedikit garam. Campur dan aduk hingga merata. Setelah itu, campurkan adonan kering dan basah. Aduk hingga bahan-bahan tercampur rata dan tekstur mulai padat.
  • 3. Setelah itu, tuang semua adonan ke alas plastik. Uleni hingga adonan elastis. Masukkan kembali ke wadah tetutup, biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • 4. Sambil menunggu adonan mengembang, ambil sisa mentega atau butter beku. Pipihkan menggunakan rolling pin, kemudian simpan di dalam lemari es selama 15 menit.
  • 5. Kalau adonan sudah mengembang, piphkan tapi jangan terlalu tipis. Beri mentega beku di atas adonan. Uleni dan giling kedua adonan hingga menyatu dan tidak ada sisa menteganya. Kemudian biarkan adonan selama 30 menit di suhu ruangan.
  • 6. Jangan lupa bagi adonan menjadi beberapa bagian, ya. Setelah itu, gulung adonan hingga membentuk croissant. Tunggu sampai adonan mengembang, dan siapkan panggangan waffle.
  • 7. Panaskan panggangan, olesi dengan sedikit butter, lalu letakkan 2-3 adonan berbentu croissant. Panggang hingga warnanya kecokelatan. Kalau sudah berubah warna, angkat, dan sajikan dengan topping sesuai selera.

Nah itulah tadi Resep dan Cara Membuat Croffle, kamu bisa mencobanya dirumah gaes. Selamat mencoba dan semoga berhasil, guys!

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>